Bincang–Bincang Perihal Project Management Yukk !
Holla good people ! setelah lima artikel kemarin yang sempat ditulis divisi lain, sekarang giliran infokom bakal nulis buat kalian semua heheh.
Bincang–bincang perihal Project Management, kira–kira kalian pernah dengar nggak sihh? Atau cuman sekilas baca dari sebuah artikel bisnis ? Ehhh bisa juga sih semisal dengernya dari acara talkshow !
Tapi biar kalian semua tahu secara lengkap, simak ajah yukk tulisan ini !
Jadi, apa itu project management !
Dilansir dari Investopedia, project management adalah sebuah proses atau metode sebuah perusahaan dalam menjalankan berbagai macam proyek dan acara. Orang yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proyek dan semua rincian di dalamnya biasa disebut sebagai project manager atau manajer proyek. Project manager merupakan seseorang dengan tanggung jawab tinggi yang harus memiliki banyak keahlian seperti komunikasi, negosiasi, dan pengetahuan bisnis yang mencukupi. Kalau dalam sebuah organisasi bisa disebut juga dengan pemimpin atau ketua dari acara tersebut.
Fungsi project management !
Kalo berbicara tentang fungsi pasti nggak jauh beda dengan sebuah tujuan. So, fungsi project management diantaranya :
- Memaksimalkan Potensi Tim
Kamu pernah nggak sih ngerasain, ketika gurumu membentuk sebuah kelompok untuk menyelesaikan suatu tugas ? tapi walau yang namanya kelompok, kadang – kadang hanya 2 atau 3 orang saja yang bertanggung jawab mengerjakan tugasnya, eittss lebih parahnya ada beberapa dari mereka yang mengerjakannya seorang diri padahal kan itu tugas kelompok. Nah, hal tersebut biasanya dikarenakan perbedaan kualitas individu dan rasa tanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya.
- Perencanaan yang Lebih Tepat
Manajemen proyek di sini,berguna ketika kalian akan membuat suatu perencanaan. Emmm contohnya, pembagian tugas masing – masing anggota agar mereka kebagian job dan bertanggung jawab sama kelompoknya... jadi nggak cuman numpang nama ! opsss.
- Mengelola Resiko
Kalau dalam organisasi pasti ada yang namanya program kerja dan diimplementasikan lewat sebuah event atau acara. Namun, terkadang banyak banget keropatan yang dialami panitia sebelum terlaksananya acara. Mengelola resiko disini, maksudnya untuk meminimalisir faktor kegagalan dalam sebuah acara.
Tahapan – tahapan project management !
Ketika kita mau ngelaksanain sebuah proyek baik itu event atau acara, pastinya ada sebuah tahapan – tahapan dong. Tahapan – tahapan ini akan dipimpin oleh orang yang ditunjuk sebagai project manager a.k.a pemimpinnya. Tahapan – tahapan tersebut antara lain :
- Permulaan (Initiating)
Initiating atau dalam bahasa indonesia nya adalah inisia, diartikan juga
sebagai permulaan suatu kegiatan. Lalu pada tahap permulaan ini ada beberapa proses
yaitu :
- Tujuan proyek
- Ruang lingkup proyek
- Memilih manajer proyek (pemimpin proyek)
- Risiko yang berpotensi muncul
- Budget yang dibutuhkan
- Perkiraan timeline besar (kapan dilaksanakannya proyek)
Poin paling penting dalam perencanaan adalah menentukan tujuan proyek dan
hal apa saja yang ingin dicapai, serta ruang lingkup proyek. Pasalnya, inti
dari project management adalah memastikan bahwa semua proses
yang dilakukan akhirnya dapat sesuai dengan tujuan awal ( kesuksesan acara ).
- Perencanaan (Planning)
Setelah menjabarkan berbagai macam
variabel yang penting dalam proyek, proses selanjutnya adalah perencanaan. Di
dalam proses ini, manajer proyek harus membuat rancangan mengenai keseluruhan
proyek mulai dari permulaan sampai akhir secara lebih rinci.
- Pelaksanaan (Executing)
Dalam pelaksanaan, project
manager harus banget bertanggungjawab memastikaan semua hal berjalan lancar
sesuai timeline dan susunan programnya yang sudah ditentukan. Ia juga harus
bisa memastikan bahwa pekerjaan di lapangan berjalan lancar. Dengan banyaknya
hal yang dipertanggungjawabkan, seorang project manager diharapkan
memiliki kapasitas yang mencukupi seperti profesional, teratur, dapat berkomunikasi dan memimpin
dengan baik.
- Pengawasan (Control and Monitoring)
Saat mengawasi jalannya proyek,
seorang project manager harus mengukur setiap progres yang ada
agar sesuai dengan perencanaan. Selain itu, pengawasan juga dilakukan supaya
mengetahui kira – kira terjadi kesalahan atau kegiatan di luar jalur. Intinya,
pengawasan sangat dibutuhkan agar semua hal dapat terlaksana sesuai dengan
rencana.
- Penutupan (Closing)
Saat penutupan berlangsung, project
manager akan menyelesaikan kontrak dengan pihak eksternal yang
dilibatkan, membuat arsip dokumen-dokumen penting, dan juga membuat laporan
proyek.
4 hal
yang berpengaruh terhadap project management :
- Time
Time atau
waktu, dalam suatu project waktu sudah ditetapkan dan diberi batasan agar suatu
project bisa diselesaikan tepat pada target waktu yang telah ditetapkan
sebelumnya. Kita tidak boleh keluar dari apa yang telah ditetapkan mengenai
waktu tersebut untuk penyelesaian suatu project.
- Expense
Expense atau
biaya telah dianggarkan untuk suatu proyek, kita tidak bisa menganggarkan biaya
melebihi apa yang telah dianggarkan, lebih baik jika kita dapat menggunakan
anggaran lebih rendah dari apa yang telah dianggarkan
- Resource
Resource atau
sumberdaya harus diperhatikan untuk jadwal penyelesaian suatu project. Sumber
daya adalah orang-orang yang kita atur dan kita arahkan untuk penyelesaian
suatu project. Manajemen sumberdaya terdiri dari menentukan suatu target dan
sasaran, organisasi, komunikasi dan motivasi, serta pengembangan sumber daya
manusia
- Quality
Quality atau
mutu adalah suatu hal yang sangat penting untuk penyelesaian suatu project,
dengan waktu yang telah ditentukan dan anggaran yang telah ditetapkan, quality
atau mutu adalah hal yang harus sangat diperhatikan.
Tapi kok keknya itu lebih berhubungan sama bisnis
yaaa, ketimbang organisasi !?
Kenapa aku bilang itu lebih ke bisnis karena dari artikel yang aku baca memang
pada dasarnya itu diperuntukkan untuk pengelolaan perusahaan. Dan btw, aku
nemuin kata project management emang pada dasarnya lagi nonton talkshow bisnis
di youtube eheheh. But, hampir semua artikel yang membahas project management
sebagai referensi artikel yang aku buat... maknanya hampir sama seperti ruang
lingkup organisasi. Jadi, bisa kita tarik
kesimpulan bahwa project management adalah suatu proses ataupun cara sebuah bisnis dalam
melakukan berbagai kegiatan proyek dan acaranya.
Tapi jangan kecewa, the next artikel yang aku buat bakal membahas project
management dari ruang lingkup organisasi. Kalau artikel ini, hanya berupa
gambaran awalnya saja.
Jadi... tunggu the next chapter nyaa yaa.
Sayonara, minna – san ❤❤
Ditulis Oleh : Innayafm
Komentar
Posting Komentar